Minggu, 06 Maret 2011

Resensi Tangled (Rapunzel) 2010


Petualangan Si Putri Berambut Panjang

Disney, siapa yang tidak tahu, salah satu studio film yang memang lebih banyak menghasilkan film-film animasi yang berkualitas apalagi semenjak mereka menggandeng Pixar, seolah-olah mereka telah menjadi rajanya bagi dunia film animasi. Dan kali ini mereka balik lagi (tanpa Pixar kali ini) dengan film ke 50 mereka yang diberi judul Tangled (atau dibeberapa negara disebut Rapunzel).

Berbeda dari kisah asli dari Rapunzel, kali ini diceritakan seorang bandit bernama Flynn Ryder (Levi) secara tidak sengaja menemukan sebuah menara di tengah hutan dan ternyata di dalam menara tersebut dia bertemu dengan Rapunzel (Moore). Rapunzel merupakan seorang putri yang diculik oleh Mother Gothel (Murphy) sejak dia masih bayi dari orangtuanya yang merupakan seorang raja dan ratu. Rapunzel diculik karena rambut Rapunzel mempunyai kekuatan magis yang dapat membuat Gothel awet muda.

Rapunzel yang selama hidupnya belum pernah keluar dari menara tersebut, meminta Flynn mengajaknya keluar dari menara tersebut dan melihat festival lampion yang selalu ada disetiap hari ulang tahun Rapunzel. Flynn yang awalnya tidak mau, terpaksa melakukannya karena hasil curiannya dipegang oleh Rapunzel. Dari sinilah petualangan Rapunzel dan Flynn dimulai, mulai dari dikejar orang-orang yang mengincar Flynn sampai Gothel yang menginginkan Rapunzel kembali padanya. Di film ini Rapunzel dan Flynn tidak sendiri, mereka dibantu oleh teman-teman mereka, Pascal si bunglon dan Maximus si kuda kerajaan (yang sebetulnya bertugas menangkap Flynn). Akankah Rapunzel bisa bertemu lagi dengan orang tuanya? Dan akankah mother Gothel berhasil menangkap kembali Rapunzel?
Mungkin bisa dibilang Disney is back ditahun 2010, setelah dua filmnya laris manis menembus 1 milyar yaitu Alice in Wonderland dan Toy Story 3, kini Disney balik lagi dengan film animasi tanpa bantuan dengan Disney yaitu Tangled. Melihat ke tahun lalu saat mereka meliris Princess and The Frog  yang mendapat kritikan positif dari kritikus dan pendapatan yang lumayan tapi kurang begitu sukses menurut Disney, kini Disney mulai memberi judul yang lebih bernuansa "Cowo" ke judul film mereka ketimbang memberi judul Rapunzel yang terlalu terlihat kecewekan di beberapa negara.


So, apakah bagusnya Tangled? Setelah menonton film ini, mungkin kita akan mengatakan WOW. Bisa dibilang film ini secara sukses membawa kesuksesan Disney sebagai penghasil film-film animasi berkualitas. Setelah sebelumnya agak meredup dan bangkit lagi setelah bekerja sama dengan Pixar, kini Disney dengan bangga kembali bisa membuat film animasi yang disukai semua kalangan. Dari awal hingga akhir kita diberikan tampilan gambar yang menarik dan enak dilihat. Jalan cerita yang tidak membosankan membuat film ini enak diikuti dari awal hingga akhir. Plus alunan musik-musik dari film ini menjadi daya tarik dari film ini.

Jadi siapa sajakah pengisi suara di film ini? Sebut saja ada penyanyi sekaligus artis, Mandy Moore dan juga aktor Zachary Levi yang mengisi suara dua tokoh utama yaitu Rapunzel dan Flynn. Selain itu juga terdapat Donna Murphy, Ron Perlman, Jeffrey Tambor dan juga Brad Garrett. Mereka sanggup membawakan tokoh yang diperankan dengan sangat bagus dan pas untuk film ini.

Alunan lagu-lagu di film ini pun cukup menarik, seperti single I See The Light yang menjadi soundtrack utama single ini. Alunan suara mereka yang menyatu dan adegan saat mereka bernyanyi di bawah lampio-lampion membuat nuansa menjadi sangat indah dan romantis. Tak heran single ini diganjar nominasi oscar untuk original song.

Dan di box office pun, Tangled sanggup bermain cukup apik. Biarpun tertahan di minggu pertama oleh Harry Potter 7 part 1, tapi Tangled mampu menggeser Harry Potter di puncak box office. Selain itu pendapatan di seluruh dunia yang sudah mencapai US$ 537 million ini sanggup menggeser film Despicable me dari no 8 ke no 9 film terlaris di 2010. Great Job.

So yang belum nonton film animasi Disney ke 50 ini, wajib sekali untuk nonton karena nilai dan pesan moral di film ini memang sangat kental seperti film-film Disney yang dulu. Jadi selamat menonton

STAR : 4/5
Distributor : Walt Disney Picture
Genre : Animation
Rating : PG
Runtime : 1 hr. 44 min,
Released : November 24, 2010
Budget : US$ 260 million
Actor : Mandy Moore, Zachary Levi, Donna Murphy, Donna Murphy, Ron Perlman, Jeffrey Tambor, Brad Garrett
Director : Nathan Greno Byron Howard

yang belom nonton, download disini saja >>> Tangled


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons