Rabu, 09 Maret 2011

Resensi Black Swan


Sisi Gelap Seorang Balerina

Film apa yang menjadi pembicaraan di Indonesia karena tidak bisa tayang gara-gara masalah Bea Film? Kalau jawabanmu BLACK SWAN, kamu benar sekali. Film terbaru Natalie Portman ini menjadi film yang sangat ditunggu kehadirannya karena film yang menceritakan sisi gelap seorang balerina ini menuai kritik yang sangat positif dari para kritikus film dan semua pecinta film.

Film ini menceritakan tentang Nina (Portman),  seorang penari balet yang yang sangat menginginkan kesempurnaan dalam setiap gerakan baletnya. Suatu ketika dibukalah audisi untuk pementasan balet terbaru yang diberi judul Swan Lake. Nina pun berlomba dengan penari balet lainnya untuk mendapatkan peran utama di pagelaran tersebut yaitu peran Swan Queen (Ratu Angsa). Peran Ratu Angsa ini adalah peran yang sangat susah, karena Nina harus bisa memerankan dua peranan yang berbeda yaitu White Swan dan juga Black Swan. White Swan adalah karakter balet dan musik klasik konvesional dimana ukuran keberhasilannya adalah  kontrol khas klasik atas kesempurnaan yang sudah sangat dikuasai oleh Nina, dan sayangnya peran Black Swanlah yang sangat susah diwujudkan oleh Nina. Black Swan adalah karakter yang menuntuk kesempurnaan, tidak terkontrol hingga mencapai kebebasan yang sempurna.

Tuntutan peran ini sepertinya bukan hanya ada di atas panggung balet, melainkan di kehidupan nyata Nina. Kehidupan yang bisa dibilang sangat rapuh dan tidak bisa mengontrol dirinya mendorong dirinya menuju ke sisi gelapnya. Obsesi mencapai kesempurnaan dalam mempertunjukkan gerakan-gerakan baletnya sepertinya sudah tidak bisa dikontrol. Memerankan tokoh Ratu Angsa yang memliki dua peranan yang berbeda saja sudah menjadi tantangan yang sangat susah bagi Nina, yang di kehidupan kesehariannya saja dia susah mengontrol dirinya. Halusinasi yang sering dialami Nina pun sepertinya sudah seperti menjadi reality bagi kehidupan Nina. Apakah Nina sanggup keluar dari bayang-bayang halusinasinya? Dan apakah Nina sanggup memerankan tokoh White Swan dan Black Swan secara sempurana?

Film yang bergenre thriller ini bisa dibilang sangat memukau. Dengan emosi yang pas sanggup membuat kita mengikuti alur dari film ini dari awal hingga akhir film. Peran Natalie disini sangat memukau. Dia sanggup memerankan seorang wanita yang rapuh, mengganggap halusinasi sebagai kenyataan dan karakter baik dan buruk yang bergantian dengan sangat pas. Tapi tidak hanya Natalie yang bermain sangat gemilang disini. Masih ada Mila Kunis yang memerankan Lili, saingan Nina dalam memerankan Black Swan. Mila sanggup menyajikan peran cewe sexy, nakal dan cantik yang sangat memukau. Juga masih ada deretan pemain lain seperti Vincent Cassel, Winona Ryder dan Barbara Hersey yang sanggup bermain dengan bagus di film ini.


Sang sutradara, Darren Aronofsky, sanggup menyajikan nuansa thriller yang dark bagi para penonton film ini. Susana yang dark di dunia balerina sanggup disajikan dengan sangat memukau. Bukan hanya yang indah-indah tentang balet saja yang ditampilkan tapi sisi gelap baletlah yang sangat ditonjolkan film ini. Kita akan diajak berpikir sejenak tentang konflik yang sedang dialami oleh sosok utama. Apakah itu nyata atau tidak? itulah gambaran yang ingin kita jawab sendiri oleh sang sutradara. 


Karena bagusnya film ini, Black Swan diganjar nominasi di oscar dalam Best Picture dan Aktris terbaik untuk Natalie Portman. Dan akhirnya sanggup membawa satu piala oscar untuk best actress yaitu Natalie Portman. Selain itu pendapatan di box office pun sangat bagus karena hanya dengan budget US$ 13 Million saja,  sampai saat ini Black Swan sudah memperoleh US$ 252 million dan akan terus bertambah seiring film ini masih sering dibicarakan karena masuk nominasi oscar.


Jadi yang belom nonton, film in wajib ditonton untuk semua Movie Freak.




Star : 4/5

Distributor : Fox Searchlight

Genre : Thriller
Mpaa Rating : 
Duration : 1 hr. 43 min.
Reeased date : December 3, 2010
Budget : US$ 13 million
Director : Darren Aronofsky
Actor : Natalie Portman, Mila Kunis, Vincent Cassel


yang belom nonton, download disini >>> BLACK SWAN


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons