Jumat, 10 Februari 2012

REVIEW FILM : FOOTLOOSE (2011)


Remaja dan Kebebasan

Film bertemakan remaja mungkin menjadi tontonan yang menarik untuk diikuti. Bagaimana kalau film bertema remaja digabung dengan tarian. Terdengar sudah sering kita lihat di film – film yang mengusung tema dance seperti Step Up. Tapi mungkin akan berbeda ceritanya jika tema remaja digabungkan dengan dance, tapi tidak sepenuhnya fokus ke dance melainkan ke suatu koneksi antara anak dan orang tua. Mungkin itu yang akan diangkat di film Footloose di tahun 2011 ini.

Merupakan remake dari film di tahun 1984, film ini menceritakan tentang Ren MacCormack (Wormald) yang meninggalkan Boston dan memutuskan tinggal di kota kecil Bomont, dimana saudara ibunya tinggal. Disini Ren kaget dengan peraturan yang ada dimana menari di tempat umum itu dilarang. Dan Ren pun tahu peraturan itu dibuat karena adanya tragedi kecelakaan yang merengut lima remaja di Bomont setelah pulang dari pesta yang di dalamnya berisi minum dan menari.

Tidak mau tinggal diam, Ren dan teman – temannya mulai membuat petisi untuk membuat peraturan yang melarang menari itu dihilangkan. Mampukah Ren membuat peraturan yang sudah lama itu hilang ? Akankah mereka bisa menari lagi ?

Film ini merupakan film remake berjudul sama di athun 1984. Dan untuk versi terbarunya ini, kita diberikan nuansa yang lebih segar. Di film ini peran utamanya diberikan kepada Kenny Wormald, seorang pendatang baru di dunia film yang berperan sebagai Ren. Sedangkan untuk love interest nya diberikan kepada Julianne Hough yang sudah kita kenal sebelumnya dari film Burlesque. Dan selebihnya peran – peran remaja yang ada dimainkan oleh nama – nama baru. Tapi juga ada nama lama di dunia film yaitu Dennis Quaid yang ikut berperan di film ini.

Dan sepertinya nama – nama baru ini mampu menghidupkan film ini. terbilang dari akting yang baik dan aksi menari mereka yang bagus membuat film bertema remaja dance ini hidup. Tapi tentunya jalan cerita yang ada juga sangat bagus menggambarkan keadaan yang sebenarnya di dunia nyata. Keadaan dimana orang tua sangat perhatian dan khawatir dengan anak – anak mereka mampu disajikan film ini dengan baik.

Selain itu, menari tanpa musik pasti hambar tentunya. Dan tentunya film ini telah memikirkan hal tersebut. Dan pilihan yang dipilih adalah musik country. Terbilang musik country sangat kental untuk film ini. dan itu memang sangat cocok untuk kehidupan remaja di Amerika tepatnya di sebuah kota kecil seperti yang tergambarkan di film ini.

Tapi tentunya karena memakai nama – nama baru, kelemahan jelas pada akting para pemain. Mungkin masih terlihat biasa – biasa saja dan seperti film remaja kebanyakan. Tapi tentunya hal itu mampu ditutupi dengan jalinan cerita dan musik yang ada dalam film ini. dan akibatnya film ini terbilang sukses di amerika dengan memperoleh pendapatan sebesar $ 51 juta.

Dan biarpun memang terdapat unsur dance di dalam film ini, itu bukanlah hal pokok di film ini. cerita yang ingin disampaikan adalah hubungan remaja dengan orang tua dan bagaimana cara remaja menyampaikan pendapat mereka ke orang tua. Itulah point yang dihadirkan dalam film ini.

Jadi buat kamu yang ingin menonton suatu film yang santai dan menghibur, dan juga membuka pikiran kita tentang hubungan kita dengan orang tua kayaknya wajib nonton film yang satu ini.

Distributor : Paramount
Genre : Musical
MPAA Rating : PG-13
Release Date : 14 Oktober 2012
Runtime : 1 hrs. 53 min
Director : Craig Brewer
Actor : Kenny Wormald, Dennis Quaid, Julianne Hough
My Star : 3/5


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons