Minggu, 26 September 2010

Resensi Film Inception


Distributor : Warner Bros.
Genre : Sci-Fi Action
Rating : PG-13
Tanggal Rilis : 16 Juli 2010
Durasi : 2 jam 28 menit
Budget : US$ 160 million
Sutradara : Christopher Nolan
Pemain : Leonardo DiCaprio, Ken Watanabe, Joseph Gordon-Levitt, Marion Cotillard,
Ellen Page, Tom Hardy, Cillian Murphy, Tom Berenger, Michael Caine,
Lukas Haas

Mimpi dalam Mimpi dalam Mimpi

Mungkin banyak yang bertanya-tanya apa maksud dari judul di atas, tapi bila kamu menonton salah satu film terbaru dari Christopher Nolan di 2010 ini, pasti kamu akan menemukan jawabannya. Film ini merupakan proyek terbaru Christopher Nolan di tahun 2010 ini setelah dia sangat sukses membawa salah satu superhero terkenal, Batman, dalam film The Dark Knight menjadi film yang sangat sukses dan dipuji oleh semua orang di tahun 2008 yang lalu. Ide film ini telah ada di otak Nolan sejak ia berumur belasan, dimana saat itu Nolan memiliki ketertarikan pada fenomena mimpi yang bisa dibilang mimpi masih menjadi misteri bagi kita semua. Tapi ide film ini tidak hanya menjadi mimpi semata buat Nolan karena ide ini telah dia tuangkan dalam sebuah film yang diberi judul Inception.
Film ini menceritakan tentang Cobb (Dicaprio), seorang yang ahli dalam mencuri ide atau rahasia penting orang lain dalam alam bawah sadar mereka. Namun kehidupannya selalu dibayangi rasa bersalah atas kematian istrinya dan tuduhan atas pembunuhan istrinya sehingga dia tidak bisa bertemu anak-anaknya yang dicintainya. Suatu saat dia bersama temannya Arthur (Levitt) berada di Tokyo untuk melakukan tugas mereka yang bisa disebut dengan “Extraction” kepada seorang pengusaha energi, Saito (Watanabe). Tapi ternyata rencana mereka gagal karena Saito menyadari bahwa ada orang lain yang memasuki alam bawah sadarnya. Akhirnya Cobb dan temannya harus segera pergi dari alam bawah sadar Saito dan melarikan diri dari perusahaan yang menyuruh mereka melakukan extraction kepada Saito karena perusahaan tersebut tidak mau mendengar kata gagal.
Saat mereka mau pergi, Saito yang mengetahui masalah yang sedang dihadapi Cobb datang menawarkan kesepakatan kepada Cobb. Tugasnya bukan untuk mencuri sebuah ide, tapi menanamkan sebuah ide atau disebut “Inception” kepada anak pemilik perusahaan energi saingan dari perusahaan Saito yaitu Fischer (Murphy) agar tidak melanjutkan perusahaan milik ayahnya tersebut. Akhirnya Cobb menerima tawaran tersebut karena Saito menawarkan sesuatu yang paling diinginkan Cobb yaitu bertemu anak-anaknya.
Akhirnya Cobb berhasil mengumpulkan orang-orang terbaik dalam misi Inception yang bisa dibilang cukup berbahaya. Anggotanya terdiri dari ahli perhitungan Arthur, seorang arsitek Ariadne (Page), peneliti target Eames (Hardy) dan ahli kimia Yusuf (Dileep Rao). Dan mereka pun bersama-sama untuk melakukan sesuatu yang hal yang jarang dilakukan dan bisa dibilang sangat berbahaya yaitu Inception. Dan cara mereka melakukan inception adalah dengan mimpi sampai ke tingkat tiga yaitu bermimpi di dalam mimpi di dalam mimpi.
Film ini akan membuat kita untuk memasuki dunia mimpi yang bisa dibilang spektakuler hasil karya dari Christopher Nolan. Cerita yang disuguhkan pun sangat fresh di antara film-film lain yang rilis di tahun 2010 ini. Apalagi ditambah para pemainnya yang bisa dibilang sudah sangat terkenal di kancah perfilman Hollywood. Seperti Leonardo DiCaprio yang sudah dikenal lewat film Titanic, Joseph Gordon-Levitt dalam film indie 500 Days of Summer, Ellen Page dalam film Juno juga Cillian Murphy dalam film Batman Begins.
Film ini cukup sukses di tangga Box Office dengan pendapatan di Amerika Utara saja sampai $232,790,746 dan pendapatan total di seluruh dunia sampai $483,990,746 sehingga film ini menduduki peringkat #84 Box Office Worldwide Grosses.
Film ini memiliki kelebihan dari segi cerita yang sangat kuat dan baru di dunia film. Para pemain juga memerankan tokoh masing-masing dengan sangat bagus. Efeknya pun sangat canggih, apalagi saat terjadi Zero Gravity, seolah-olah itu benar-benar terjadi tanpa rekayasa, benar-benar seolah terjadi Zero Gravity. Alur cerita yang twist, memang sudah menjadi makanan sehari-hari Nolan yang menjadikan ini menjadi ciri film-film Nolan.
Kekurangannya mungkin film ini akan membuat orang-orang yang menonton film ini akan sedikit berpikir tentang jalan cerita dari film ini. Karena bila kehilangan beberapa menit waktu menonton film ini, pasti tidak akan mengerti kelanjutan dari film ini. Karena film ini akan membuat anda berpikir dari awal sampai akhir film ini. Dan anda akan diajak menebak di ending film ini.
Jadi yang suka banget nonton film, apalagi film-film yang tidak biasa seperti Inception, film ini menjadi film yang wajib ada di list film kamu yang wajib ditonton untuk tahun 2010 ini. So selamat menonton. (By : Widhi Dirgantara)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons